Brand awareness penting?
03 May 2023
Sering denger istilah ini gak? Brand awareness biasanya dikenal dengan sebutan kesadaran merek. Pengertian brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, image, dan sebagainya, yang menggambarkan identitas suatu brand. Nah, kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu merek ini perlu sekali diciptakan dan dipelajari karena akan jadi faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat pengambilan keputusan melakukan convertion untuk produk.
Di saat yang sama, pemilik brand juga penting nih mempelajari perilaku konsumen demi meningkatkan awareness terhadap produk dan jasa. Sehingga sebagai pemilik brand, perlu menciptakan image yang baik dan kuat ke dalam ingatan masyarakat sekaligus menjadi strategi yang bisa dirancang oleh perusahaan untuk membantu proses identifikasi dengan cepat.
Tujuan utama dari brand awareness sendiri adalah untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui banyak cara. Dalam proses branding demi menanamkan identitas merek, bisa menciptakan suatu kesan yang mendalam, entah dalam penciptaan nama produk, warna yang khas, logo yang unik, serta yang penting adalah menjaga kualitas dan layanan yang selalu sama. Semakin kuat image yang kita ciptakan, maka semakin kuat pula kesadaran konsumen akan merek kita.